Pendaftaran Seleksi Calon Praja/Taruna/Mahasiswa Sekolah Kedinasan Dibuka 9 April 2020



Sahabat pembaca Info CPNS, sudah tahukah anda bahwa Kedeputian BKN Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) dan Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (PPSR ASN) melangsungkan rapat kerja persiapan Seleksi Calon Praja/Taruna/Mahasiswa Sekolah Kedinasan (Dikdin) Formasi Tahun 2020 bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) dan 8 Instansi pembina Sekolah Kedinasan. Rapat digelar melalui video conference (Vicon) pada Rabu (18/03/2020) di Kantor BKN Pusat.

Dalam rapat yang juga membahas alur penerimaan Dikdin Formasi Tahun 2020, penyamaan persepsi dan mekanisme pengelolaan data itu, dinyatakan bahwa pendaftaran Dikdin Formasi Tahun 2020 akan dibuka mulai pada 9 April 2020 pukul 09.20 WIB sampai dengan 30 April 2020. Hal itu disampaikan oleh Deputi BKN Bidang Sinka, Suharmen.

Kedelapan Sekolah Kedinasan yang akan membuka pendaftaran yakni: Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Badan Intelijen Negara (BIN), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sementara terkait jadwal penyelenggaraan CAT SKD Dikdin berbasis Computer Assisted Test (CAT) menunggu arahan dari KemenPAN RB.

“Dikarenakan pandemik Covid-19 yang sedang terjadi, persiapan pelaksanaan Dikdin Tahun 2020 ini membutuhkan koordinasi lebih mendalam. BKN berharap kondisi ini cepat kembali normal, agar pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Dikdin Formasi Tahun 2020 bisa berjalan sesuai dengan waktunya,” ungkap Suharmen.

Sementara proses pendaftaran Dikdin Tahun 2020 akan dilakukan melalui 1 portal yaitu Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Selain itu, standarisasi proses pelaksanaan seleksi Dikdin Formasi Tahun 2020, akan dilakukan dengan monitoring terpusat dan terintegrasi.

Berita dan Foto bersumber dari BKN