Selasa, 04 Februari 2020

Tahun Ketiga Gunakan CAT BKN, Menteri Hukum dan HAM Pastikan Seleksi Berjalan Transparan

Sahabat pembaca Info CPNS dan PPPK 2020, sudah tahukah anda bahwa memasuki pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada hari keenam untuk Titik Lokasi (Tilok) Medan yang berlokasi di GOR Mini Futsal Disporasu atau Sumut Sport Center dengan total peserta 46.375, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly bersama Kepala Kantor Regional VI BKN Medan, English Nainggolan meninjau proses SKD secara langsung di lokasi pada Senin, (03/02/2020).

Di hadapan sejumlah peserta formasi SMA untuk Penjaga Tahanan dan Keimigrasian yang terjadwal mengikuti SKD hari ini, Yasonna memastikan proses rekrutmen di lingkungan Kemenkumham berjalan transparan dengan adanya sistem seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang dibangun oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Hanya Tuhan dan kalian sendiri yang dapat menentukan kelulusan ini, begitu selesai ujian, nilai kalian muncul dan orang tua kalian di ruang live score bisa melihat langsung. Jadi tidak ada yang bisa bermain dengan sistem ini, proses seleksi berjalan transparan,” ungkapnya.

Yasonna juga mengatakan bahwa Kemenkumham telah menggunakan sistem CAT BKN untuk seleksi CPNS di lingkungan instansinya sejak tahun 2017. “Kami sudah pengalaman menggunakan sistem ini sejak 3 (tiga) tahun lalu, dan Kemenkumham sudah menjadi instansi pada tingkat Kementerian yang mendapat penghargaan sebagai instansi percontohan penggunaan CAT dari Panselnas pada 2017 lalu,” terangnya.

Sebelumnya pada hari pertama SKD (30/02/2020) di Tilok ini Kakanreg VI BKN Medan, English Nainggolan sudah mengingatkan peserta untuk tidak percaya terhadap oknum yang mengklaim bisa membantu kelulusan. Hal serupa juga menjadi poin utama Menteri Kemenkumham dan berpesan kepada peserta agar jangan percaya pada calo atau pihak yang berjanji meluluskan dengan sejumlah uang. Bahkan Yasonna menyebutkan tidak segan-segan memecat pegawai di internalnya jika ketahuan memanfaatkan momentum seleksi ini dengan menjanjikan kelulusan kepada peserta.

Terakhir sebagai informasi, BKN sudah meng-update rekapitulasi peserta SKD CPNS formasi tahun 2019 memenuhi passing grade di kanal media sosial. Terhitung per 2 Februari 2020 untuk Formasi Umum tingkat kelulusannya mencapai 41,8%, Disabilitas (61,05%), Cumlaude (91,17%), dan Putra-Putri Papua (37,09%).

Berita ini bersumber dari BKN