Info CPNS dan PPPK resmi di www.menpan.go.id,www. bkn.go.id, www.sscn.bkn.go.id, Info SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara), Info SSCN (Sistem Seleksi Calon Pegawai negeri Sipil), Info SSP3K (Sistem seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja), Info SSCN Dikdin (Sistem Seleksi Calon Pegawai negeri Sipil Melalui Pendidikan Kedinasan)

Begini Sistem Rekrutmen CPNS 2019

Sahabat pembaca Info SSCASN 2019 - Info Seleksi CPNS dan PPPK, Pemerintah tengah mematangkan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Rencananya, pembukaan akan dilakukan pada Oktober 2019.

Untuk itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian. Dalam video yang diunggah BKN seperti dikutip dalam twitter @BKNgoid, ada beberapa sistem rekrutmen CPNS.

Berikut sistemnya seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Rabu (25/9/2019):

Pertama ada istilah talent scouting, walaupun saat ini belum bisa dijalankan 100%. Tetapi, bahwa ikatan dinas walaupun tidak signifikan kita sudah lakukan ke sana. Ke depan betul-betul dilihat secara signifikan dimana potensi si anak yang memiliki potensi terbaik dan mungkin calon terbaik yang dibutuhkan organisasi kita

Kedua rekrutmen melalui reguler, formasi umum di samping ada formasi khusus, misalnya untuk anak-anak cumlaude

Kemudian ada profesional, ini yang masuk kelompok-kelompok nantinya, dan akan direkrut yang betul-betul profesional, yang nantinya bisa jadi bersumber dari para diaspora.

Kemudian inclusion. Inclusion ini adalah kelompok-kelompok yang profesional dibidangnya, seperti olahragawan berprestasi di internasional dan kemudian ada juara-juara olimpiade science dan seterusnya.

Selanjutnya, dari putra putri papua akan digelombangkan khusus untuk ditempatkan di kementerian-kementerian dan lembaga di pemerintahan pusat.

Hal itu dikarenakan mereka nantinya bisa langsung praktik sejak mereka mulai masuk bisa bekerja sama dengan teman-teman lainnya yang berada di pemerintah pusat.

Ini juga salah satu bentuk rancangan agar semua putra putri terbaik Indonesia bisa mengisi di kementerian.

Karena ketika dihitung sejak 2014 hingga 2018 anak-anak yang direkrut dengan cara yang demikian tadi kurang lebih mencapai 572 ribu orang. Artinya kalau bagi 4,2 juta porsi anak-anak milenial yang direkrut dengan sistem yang sudah diselenggarakan sudah sangat lumayan.

Berita ini bersumber dari Okefinance.
Share:

Pesan Sponsor

Recent Posts

Statistik Blog