Info CPNS dan PPPK resmi di www.menpan.go.id,www. bkn.go.id, www.sscn.bkn.go.id, Info SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara).

Pemerintah berharap penerimaan PNS 2019 bisa tepat waktu

Sahabat pembaca Info Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2019, sudah tahukah anda bahwa Penerimaan Pegawai Pemerintah setara PNS alias Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) terancam mundur. Padahal, semula PPPK ini akan dibuka pada Juli 2019.

Mundurnya pembukaan PPPK juga bisa berdampak kepada pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. CPNS 2019 sendiri rencananya akan dibuka pada Oktober 2019.

"Kita sih masih berharap tepat waktu jadi sebelum pada saat agustus mungkin nanti kalau yang pns umum Oktober," ujar Kepala BKN Bima Hari Wibisana saat ditemui di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Sabtu (1/6/2019).

Saat ini sendiri pemerintah masih fokus pada pembukaan CPNS untuk sekolah kedinasan. Setelah itu, pemerintah akan melakukan tes CPNS 2018 khusus putra-putri Papua.

Setelah seuruh prosesnya rampung, barulah PPPK akan dibuka untuk umum. Setelah PPPK tahap kedua juga rampung, barulah CPNS 2019 akan dibuka untuk sekitar 100.000 formasi.

"Nah itu belum, jadi sekarang ini kita masih belum selesai melakukan ujian cpns untuk sekolah tinggi kedinasan. Kalo itu selesai nanti ada ujian untuk Papua yang belum dilakukan tahun lalu. Setelah itu ujian PPPK. Setelah PPPK selesai baru CPNS umum," jelasnya

Disisi lain, pemerintah juga masih belum menyelesaiakan proses PPPK tahap 1 yang dibuka pada Februari 2019. Asal tahu saja PPPK tahap 1 sendiri dikhususkan untuk tenaga medis dan juga pendidikan.

Saat ini sendiri lanjut Bima, pihaknya masih melakukan penetapan NIP. Setelah itu, dirinya harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah daerah (Pemda) untuk membayar gajinya.

"Kita sudah mulai melakukan penetapan NIPnya. Tapi memang tiak semuanya cepat karena ketergantungan dari anggaran daerahnya. mudah-mudahan semuanya bisa masuk ketersediaan APBDuntuk membayar gaji PPPK," jelasnya.

Berita ini bersumber dari Okefinance.
Share:

Pesan Sponsor

Statistik Blog