Info CPNS resmi di www.menpan.go.id,www. bkn.go.id, www.sscn.bkn.go.id.

Hadapi SKD CPNS dengan Sportif dan Optimis

Sahabat pembaca Info Seleksi CPNS, sudah tahukah anda bahwa dalam menghadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), para peserta tes CPNS harus bersikap sportif dan optimistis guna berupaya mencapai nilai tinggi Selain itu, para peserta harus yakin bahwa SKD berbasis Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN) ini berlangsung bersih, transparan, dan jujur Demikian pernyataan yang diutarakan oleh Kepala Biro Pengelolaan Barang Milik Negara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM), Tarsono, tatkala memberikan arahan pada para peserta SKD CPNS Kemenkum dan HAM di ruang Hotel Basko, Padang, Senin (25/9/2017).

Tarsono lebih jauh mengemukakan bahwa para peserta hendaknya dapat melampaui nilai lulus minimal ( passing grade) yang ditentukan. Hal ini dikarenakan aturan rasio 1:3, yang bermakna peserta yang berhak maju pada SKD hanyalah tiga orang dengan nilai tertinggi yang memenuhi passing grade untuk setiap 1 formasi CPNS. “Dengan demikian, yang memenuhi passing grade tidak otomatis maju untuk SKB,”tandasnya.

Beliau pun menjelaskan bahwa untuk formasi sipir bagi lulusan SMA di Sumatera Barat berjumlah 337 orang, dengan rincian 291 orang untuk pria, dan 46 orang untuk wanita. “Dengan demikian, hanya 873 peserta pria dan 138 peserta wanita yang dapat maju untuk SKB,”tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM Sumatera Barat,Dwi Prasetyo, mengartikulasikan bahwa para peserta SKD CPNS perlu mengelola waktu dengan baik dalam mengerjakan soal-soal yang diujikan.Hal ini mengingat bahwa soal yang diujikan berjumlah 100 soal, sementara waktu yang tersedia hanya 90 menit.

Berdasarkan pantauan tim BKN, pelaksanaan SKD CPNS bagi para lulusan SMA di Kanwil Kemenkum dan HAM Sumatera Barat berlangsung di dua tempat, yakni di UPT BKN Padang dan Hotel Basko. Untuk SKD di Hotel Basko, berlangsung 5 sesi pada Senin-Sabtu ini, dengan jumlah 500 orang per sesi. Ada pun untuk SKD di UPT BKN Padang, SKD berlangsung 5 sesi pada Senin-Jumat ini, dengan jumlah 50 orang per sesi. Pada sesi pertama di Hotel Basko, dari 500 orang peserta, hanya 479 yang datang, dan yang memenuhi passing grade hanya 26 orang.

Pada sesi pertama di UPT BKN Padang, dari 50 orang peserta, hanya 48 yang hadir, dan yang memenuhi passing grade hanya 1 orang.

Berita ini bersumber dari BKN.
Share: